100 Delegasi Bisnis Arab Saudi Siap Menghadiri TEI 2017

By Admin

nusakini.com--Minat para pengusaha Arab Saudi untuk berbisnis dengan para pengusaha Indonesia sangat tinggi. Hal ini dibuktikan dengan besarnya jumlah delegasi yang telah mendaftar untuk menghadiri Trade Expo Indonesia 2017.

Besarnya minat para potential buyer Negeri Dua Kota Suci ini tidak lepas dari gencarnya upaya Tim Ekonomi dan Perdagangan KJRI Jeddah dalam mempromosikan ajang pameran perdagangan terbesar di Asia Tenggara tersebut. Sejak Juli 2017, Tim KJRI melakukan road show ke seluruh Kantor Dagang di wilayah akreditasi Jeddah, dimulai dari Mekkah, Madinah, Al Baha, Yanbu hingga Tabuk. 

Selain itu, KJRI Jeddah juga memanfaatkan jaringan media dengan mengiklankan TEI ke-32 pada Harian lokal baik pada edisi spesial HUT RI ke-72 maupun dua kesempatan setelahnya. Momen haji juga dimanfaatkan oleh KJRI untuk mempromosikan TEI 2017 dengan media reklame pada dua belas bis transportasi jamaah haji Indonesia dengan tak lupa pula mencantumkan tag pariwisata "Wonderful Indonesia." 

Berbicara mengenai produk-produk Indonesia yang diminati oleh para pengusaha Arab Saudi, Dr. Gunawan, Direktur Kantor Promosi Dagang Indonesia sekaligus Konsul Dagang KJRI Jeddah menyampaikan minat para pengusaha Arab Saudi beragam mulai dari produk makanan olahan, perikanan hingga olahan kayu dan otomotif. 

"Tahun ini empat produsen makanan Indonesia digaet partner-partner lokal Saudi untuk masuk pasar Arab Saudi, tahun lalu ban asal Indonesia mengikat transaksi besar. Pengusaha-pengusaha Arab Saudi mulai serius melirik Indonesia untuk mendatangkan produknya ke sini, jadi ajang TEI memang sudah mereka tunggu," demikian ujar Dr. Gunawan. 

Pernyataan Dr. Gunawan tersebut diafirmasi oleh Mohammad al-Ghamdi, pengusaha dari grup bisnis lima besar di Saudi, grup Bin Mahfoudz, "'Ini acara yang sangat kami tunggu-tunggu setiap tahunnya untuk mendapatkan ide-ide bisnis baru yang bisa kami bawa ke Arab Saudi." 

Konsul Jenderal RI Jeddah dan Tim Ekonomi Perdagangan sangat serius dalam mempersiapkan delegasi pengusaha dari Arab Saudi. ''KJRI Jeddah mempunyai komitmen yang tinggi dalam mensukseskan Trade Expo Indonesia dan KJRI Jeddah selalu siap membantu dan memfasilitasi para pengusaha setempat'' ujar Konsul Jenderal RI Jeddah, Mohamad Hery Saripudin.(p/ab)